Pemanfaatan TIK yang membelajarkan

Marquee Text Generator - http://www.marqueetextlive.com

Ketemu lagi nih dengan para pemerhati pendidikan di dunia mayaaaa…. (bukan nama orang ya..) dan para blogger, hari ini aku pingin bahagi lagi koleksi yang aku punya, yaitu mengenai peran TIK dalam Pembelajaran, tapi artikel ini aku berijudul Pemanfaatan TIK yang Membelajarkan.
Nah tau gak Sebagai seorang Guru sebaiknya kita harus prihatin tentang kemajuan TIK skarang ini, itu di akibatkan karena TIK dalam kehidupan kita cenderung lebih berfungsi sebagai hiburan dan informasi, tetapi dalam segi Edukasi (Pembelajaran) kurang berfungsi. ini nyata terjadi karena problematika Pendidikan Kita selalu saja guru dijadikan sebagai Pemain Utama dan Siswa sebagai Penonton Utama dalam Proses belajar mengajar.
nah dengan semakin berkembangnya Pengetahuan dan Teknologi sebaiknya dalam proses pembelajaran kita sebagai guru menggunakan metode Student – Centered – Learning dimana Siswalah yang menjadi Pemain Utama dan Guru adalah Sutradara Pembelajaran. jika Student-Centered-Learning kita terapkan maka multi metode, multi media, tugas otentik, menantang, kolaborasi, reflektif, kontekstual dan bermakna akan kita dapatkan dalam proses pembelajarannya.
Oleh karena itu, Belajar dengan Pemanfaatan TIK bukan hanya sekedar belajar tentang TIK (Integrated), tetapi harus tau mana TIK yang membelajarkan dan mana yang tidak membelajarkan. karena dalam teknologi ada 2 hal yaitu hal positif dan negatif. saya kira teman-teman pasti dapat membedakan ke dua hal ini.
sekarang timbul pertanyaan begini :
Apakah Penggunaan TIK canggih adalah keharusan???
saya memberikan beberapa jawaban, antara lain :
1. Jangan pesimis, tetap optimis! Walapun tanpa TIK canggih.
2. Teknologi hanyalah alat, bukan ssegala-galanya.
3. Keberhasilan pembelajaran tidak tergantung pada kecanggihan media atau teknologi…
4. Tapi tergantung pada ketepatan pemanfaatan dari media, teknologi atau sumber belajar tersebut …
5. Media sederhana atau sumber belajar yang ada dapat kita optimalkan sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pembelajaran …
6. Gurulah penentu utama sebagai sutradara, peramu aneka sumber belajar yang handal

Bagaimana teman-teman??? jika belum sepaham dengan saya, tolong komentarnya ya??? itu akan menjadi bahan masukkan bagi saya dan teman-teman pemerhati pendidikan lainnya.

dan sebaiknya kita harus mengingat bahwa Menjelaskan, bukanlah mengajar Mendengarkan, bukanlah pula belajar
tetapi Belajar adalah mengalami dan Mengajar adalah memfasilitasi siswa mengalami …

Sudahkah kita membuat mereka MENGALAMI?

Oke, sekian posting singkat dari saya,,, Godd Luck !!

4 Komentar

Filed under Uncategorized

4 responses to “Pemanfaatan TIK yang membelajarkan

  1. Edy

    Boss,, Kalo FB Bgm ???

  2. Alter M

    Memang Guru Teladan,,,, Selamat !!

  3. mantap pak!
    sangat sayang saya telat ikut..
    semoga bisa jadi juara ya!

  4. Penggunaan TIK sebagai media dalam proses belajar mengajar bukan satu-satunya, banyak media-media lain yang dapat membantu dalam proses belajar mengajar. Akan tetapi TIK hadir harus kita sambut dengan lapang dada, dengan cara mempelajarinya, untuk solusi. Ditunggu kunjungannya di http://pcahyono.blogspot.com/2012/07/berpacu-dalam-teknologi.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s