Potensi Wisata Sitaro

Potensi wisata di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro ini memang belum setenar obyek lainnya khususnya di Sulawesi Utara, misalnya di Bunaken. Akan tetapi, keistimewaannya yang sangat unik dan jelas berbeda dari obyek wisata lainnya di sana. Berikut ini sebagian dari potensi wisata yang ada di daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro :

–       PULAU MAHORO

 Pulau Mahoro adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah timur pulau Siau. Di pulau ini terdapat sarang burung Wallet, yang letaknya unik berada di dalam gua, sehingga kalau saat panen tiba, kita harus mencari waktu yang tepat yakni saat air laut surut supaya kita dapat memasukinya seterusnya melakukan kegiatan panen.

Selain berenang para pengunjung juga bisa bersantai dengan bermain volley di pantai. Bagi yang menyukai suasana alam yang asli dan jauh dari kebisingan kota, pulau Mahoro merupakan tempat yang pas untuk dikunjungi. Jauh dari kebisingan, suasananya alami, asri dan tidak ada satupun bangunan yang berdiri di pulau ini seperti tempat penginapan, rumah makan dan sebagainya.

–       GUNUNG KARANGETANG

Salah satu gunung yang aktif di Indonesia, dengan ketinggian 1.784 m di atas permukaan laut. Sepanjang tahun dapur magma ini menyala terus dan menjadi sebuah pemandangan yang unik dan indah di malam hari. Gunung ini sangat identik dengan pulau Siau itu sendiri. Orang Siau percaya jika Karangetang bergejolak berarti telah terjadi suatu pelanggaran etis budaya di tanah Siau.

–       PULAU MAKALEHI

Pulau terluar dari Kabupaten Kepulauan  Siau Tagulandang Biaro bahkan merupakan salah satu dari 92 pulau terluar negara Republik Indonesia, terletak di sebelah barat pulau Siau dan berhadapan langsung dengan Philipina. Mata pencaharian penduduk 100 % nelayan. Salah satu objek yang menarik di pulau Makalehi adalah kumpulan tengkorak yang merupakan kumpulan tulang belulang manusia yang dikeramatkan. Pulau nan eksotis ini juga menyimpan sebuah pesona, seperti danau Makalehi yang terletak di tengah-tengah pulau.

–       PULAU TOPE

Pulau Tope merupakan tempat yang indah bagi para pencinta wisata laut, sebab pulau ini memiliki daya tarik tersendiri seperti Diving, Snorckeling serta jenis kegiatan wisata laut yang lain. Di sini juga terdapat berbagai jenis terumbu karang yang indah, spesies ikan hias yang menarik, dan semua ini dapat dinikmati ketika kita bisa berkunjung ke sana.

Karena lautnya yang cukup tenang, di sini dapat juga dikembangkan olahraga air seperti Ski Air, dan lain lain.-

–       PERMANDIAN MATA AIR PANAS LEHI

Keunikan air panas ini karena letaknya yang langsung di pinggir pantai, walaupun sesungguhnya air panas ini merupakan pengaruh dari gunung api Karangetang.

–       WISATA BUDAYA

Pesta adat TULUDE merupakan acara syukuran warga Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang kepada Tuhan Yang Mahe Esa atas segala berkat dan karuniaNya yang telah dirasakan di tahun yang lalu serta suatu permohonan untuk tuntunanNya di tahun mendatang.

Berbagai jenis tarian juga dipertunjukkan dalam acara ini, seperti Tari Kalikitong, Gunde, Empat Wayer dan lain lain.

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s