Cerita Singkat Asal Mula Nama “Siau” dan “Manganitu”

 

Menurut kisah – bahwa kira-kira abad ke 14, Lokongbanua 1 dengan dua orang saudarinya bernama Uringsangiang dan Sinangiang beserta beberapa anak buah perahu, naik sebuah perahu maksud bersenang-senang disekitar pulau MANAROW sekarang ini disebut MANADO TUA tempat kediaman mereka, akan tetapi karena saat itu bertiup angin selatan yang sangat kencang, akibatnya mereka hanyut ke utara. Tiada lama haripun malam, dan setelah mereka melihat daratan, maka perahu mereka ditujukan ke tempat itu, tetapi sial-perahu mereka terkandas pada karang dan perahu mereka terkedak melintang.
Sesudah mereka beristirahat, mereka berlayar pula dengan maksud hendak pulang ke-MANARAOW, tetapi kembali hanyut makin ke utara dan terpaksa mereka mendarat pada suatu daratan – lalu mereka turun.
Bahwa Lokongbanua 1 bersama beberapa temannya masuk kepedalaman dan mendapat ubi-ubian bernama SIAUW menurut sebuatan mereka, demikian mereka namakan daratan itu SIAUW. Sebahagian dari ubi itu dibawa oleh mereka dan dibakar di tempat mereka turun, tempat mana akhirnya dinamakan ULU berdasar di tempat mana mereka membakar ubi dari pedalaman – SIAUW bou ULUNE.
Dari ulu Siau mereka berlayar pula dengan maksud sebagai ternyata diatas tetapi kembali sial terjadi, dimana mereka makin hanyut ke utara dan tiba di sebuah tanjung yang mereka namakan BUNAKENG asal kata KINAWUNAKENG yang artinya tempat dimana mereka tiba.
Dari tanjung itu mereka masuk ke dalam ke sebuah teluk dan mereka turun di tempat itu; oleh sebab anging selatan makin bertambah kencang, maka mereka merencanakan membuat pondok di darat menanti sampai angin reda.
Mereka masuk ke hutan dengan maksud mendari ramuan rumah, tapi didapat tiada lain dari pohon nanitu – bahasa daerah mang nanitu, akhirnya menjadi nama tempat itu dan lama kelamaan berubah menjadi MANGANITU.

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s