Problema Seorang Guru

Marquee Text - http://www.marqueetextlive.com
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa” kalimat ini sangat berpengaruh kuat bagi para guru karena pekerjaan seorang guru adalah pekerjaan yang mulia, dimana guru adalah sebagai satu tonggak kemajuan sebuah bangsa. Dengan tugas mencerdaskan kehidupan bangsa itulah yang selalu di ilhami oleh para guru.
Bekerja 6 – 7 Jam sehari dengan cara berdiri, berbicara. Mengungkapkan, bertanya dan yang terutama adalah membimbing para peserta didik untuk menjadi lebih baik dan semakin cerdas tentunya. Terkadang sering menghadapi berbagai macam masalah, mulai dari kenakalan-kenakalan para siswa, sampai juga menjadi korban politik.
Guru sebagai tenaga fungsional saat ini telah di anugerahkan pemerintah dengan mendapatkan tunjangan khusus yang lebih di kenal dengan tunjangan sertifikasi. Tetapi terkadang di daerah-daerah tertentu hak mereka sering di tahan bahkan di potong oleh para atasannya terlebih para struktural yang berfungsi untuk mengelolah gaji dan tunjangan guru.
Mengapa ini bisa terjadi ??? ini di akibatkan terkadang ada kecemburuan penghasilan antara fungsional dan struktural di mana mereka bependapat bahwa guru hanya kerja 6 – 7 jam saja tetapi pemerintah memberikan gaji yang besar di bandingkan dengan mereka yang kerja 8 – 10 jam tiap hari. Bagi saya hal ini tidak terpikirkan oleh para struktural lainnya bahwa guru dalam 6 – 7 jam itu bekerja terus dengan cara mengajar di depan kelas dengan otak yang bekerja terus sehingga dari segi psikologi akan lebih cepat merasakan kelelahan.
Jika di perhadapkan dengan situasi politik, terkadang guru yang (PNS) menjadi korban politik, dimana sering dan selalu menjadi korban mutasi tempat kerja oleh para oknum-oknum pejabat yang merasa tidak sejalan dengan mereka, begitu juga jika tiba saatnya Ujian terlebih Ujian Nasional, guru juga selalu di perhadapkan dengan berbagai kebijakan-kebijakan yang harus di jalankan. Seperti d alam sebuah Kabupaten/kota sebelum UN di laksanakan terkadang para pejabat mendoktrin para guru bahwa peserta didik yang ada di wilayahnya harus lulus 100 %. Tanpa mereka ketahui situasi sebenarnya yang ada dalam sikap setiap anak.
Ada sebuah contoh,, ada seorang anak yang baru saja duduk di kelas XII SMA, pada awal tahun ajaran baru yaini semester pertama, sang anak ini sudah tidak masuk-masuk sekolah lagi sehingga lama-kelamaan sang anak pun sudah tidak sekolah lagi. Nah,,, tiba saatnya UN terkadang ada para pejabat yang mengatakan kepada guru bahwa anak-anak yang sudah berhenti itu harus di cari dan di ikutkan UN. Dan semua harus lulus 100%.
Hal inilah yang sangat memberatkan bagi para guru, dimana dia harus loyal kepada atasannya di samping itu sang anak sudah tidak pernah mengikuti proses belajar, maka secara otomatis anak ini pasti tidaklah dapat mengisi soal-soal UN lagi tetapi sesuai dengan perintah atasan harus Lulus 100 %.
Ini adalah salah satu contoh dari sebagain banyak kasus yang sering di hadapi para guru. Terkadang saya berpikir, dengan kalimat “Pekerjaan Mulia” dan “Pahlawan tanpa tanda Jasa”
Mudah-mudahan hal-hal seperti ini lebih diperhatikan lagi oleh “Pemerintah” terlebih oleh Kementrian terkait. Sehingga metode-metode dan model-model kurikulum ataupun kebijakan dapat di ubah demi kemajuan pendidikan di negara kita tercinta ini.

Lomba Blog Gerakan Indonesia Berkibar “Guruku Pahlawanku”

1 Komentar

Filed under Uncategorized

One response to “Problema Seorang Guru

  1. This design is wicked! You definitely know how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Great job. I really loved what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s