Langkah – Langkah Tarik Peserta Didik di Dapodik 2016a

Sekedar berbagi, manfaatkan Fitur yang di sediakan oleh Tim Teknis Dapodikdasmen Kemendikbud yang bernama “Tarik Peserta Didik”. Menu ini di sediakan untuk 1meringankan sedikit kerja dari Operator dengan catatan harus Full Online (100% Koneksi Internet). Pengalaman saya pada saat setelah masuk tahun ajaran baru, saya berfikir banyak sekali lagi data siswa baru yang akan di Input di aplikasi. Dapodik, dan Waktu yang berikan utnuk menyelesaikannya terlalu cepat. Oke lah jika peserta didik nya di bawah seratus siswa. ini yang saya hadapi harus menginputsekitar 400an siswa baru di sekolah kami. maka saya mencoba menggunakan fitur tarik peserta didik. dan buktinya sangat memuaskan.

sesuai dengan pengalaman saya, maka saat ini saya ingin berbagi dengan teman2 khususnya Operator Dapodik bagimana menggunakan fitur tarik peseerta didik ini.

okelah kalo begitu kita mulai saja.

terlebih dahulu tentunya teman2 sudah harus membuka Dapodik teman2 beserta web: http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/. Ingat Ya, Laptop atau PC anda harus terkoneksi internet. dan sekedar diketahui saya menggunakan sysem tatring jaringan Koneksi saya melalui HP saja.

Login Operator Sekolah >>>>>>>>>

21

 

22

23

Setelah Klik Menu tarik peserta didik akan keluar menu seperti di bawah ini dan silahkan mengisi kolom sekolah asal siswa yang akan di tarik,,,

24

lalu arahkan mouse ke bawah dan ketik salah satu nama siswa yang di cari lalu klik tombol “cari peserta didik”

25

Setelah namanya cocok silahkan klik tombol panah berwarba biru

26

Lalu Klik “Konfirmasi Proses Mutasi” Paling bawah. Jika Siswanya salah maka Klik Tombol Merah di bagian kanan untuk membatalkan.

27

Setelah selesai konfirmasi, masuk ke app. dapodik anda dan validasi terlebih dahulu, semua tombol validasi invalid nya harus 0, lalu teman 2 sinkron dapodiknya. setelah itu di segarkan ctrl + f5. .

30

dan silahkan di periksa, di jamin siswa tersebut sudah masuk di peserta didik. tinggal kita masukkan dalam rombel.

31

ini bisa di lakukan bukan cuma 1 siswa langsung sinkron, bisa juga di lakukan hingga banyak banyak siswa. Catatan Penting : SISWA YANG AKAN DI TARIK HARUS TERLEBIH DAHULU DI LULUSKAN DI DAPODIK SEKOLAH ASAL SISWA. JIKA KITA MENCARI NAMA SISWA TERSEBUT TIDAK ADA DI SEKOLAH YANG DI MAKSUD, ITU BERARTI OPERATOR SEKOLAH TERSEBUT BELUM MELKUKAN PROSES KELULUSAN SISWA DI DAPODI. semoga berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s