Cara Mengerjakan Aplikasi PMP

Halo Sahabat Bloger,,,  Terkebih Khusus Buat Anda Petugas Pemetaan Mutu Pendidikan, sebelumnya saya pernah menulis tentang langkah-langkah menginstal aplikasi PMP saat ini saya akan berbagi mengenai cara pengerjaan Aplikasi ini. oke >>>> setelah selesai sahabat instal aplikasi PMP, maka kita login menggunakan user dapodik. dan sebelumnya sahabat harus terlebih dahulu menyelesaikan 3 hal di bawah ini dalam aplikasi dapodik.

  • Pastikan seluruh siswa sudah diinput di aplikasi dapodik dan masuk ke rombel.
  • Pastikan seluruh rombel di dapodik dibuat pembelajarannya
  • Pastikan data PTK sudah diisi email pribadi PTK.

Jika 3 hal diatas sudah dilakukan maka barulah operator bisa mengisi aplikasi PMP ini. Tujuannya agar tidak mengulang kerjaan karena ada data yang belum diinput.

Berikut tampilan beranda Aplikasi PMP beserta menu menu yang ada.

1

Fungsi menu aplikasi PMP bisa dijelaskan sebagai berikut:
Beranda ; tampilan awal setelah masuk aplikasi PMP

Kuesioner dan Instrumen ;  field untuk mengisi kuesioner baik isian sekolah, guru, maupun siswa. Saya kira ini sudah cukup jelas.

dari beberapa Menu di atas, menu yang paling penting kita ketahui adalah Manajemen Pengguna yang Berfungsi untuk menambah nama  pengisi kuesioner, baik siswa, guru, pengawas dan komite.. Ini adalah menu yang harus dibuka pertama kali oleh operator jika ingin mengisi kuesioner baik siswa guru dll.

Silakan klik Salin Peserta Didik dan Salin PTK untuk memasukkan data Guru dan Siswa yang akan mengisi kuesioner.

Memasukkan nama pengawas dan Komite Sekolah
Di dalam login aplikasi PMP untuk operator, tidak ada “tukar pengguna” untuk pengawas dan komite sekolah, karena itu wajib dibuatkan akun tersendiri di Manajemen Pengguna ini.

Silakan klik menu Manajemen Pengguna ini sesudah terbuka Beranda. Ingat!!! Menu Manajemen Pengguna hanya muncul pada user Operator Sekolah, tidak muncul di user PTK dan Siswa.
Silakan klik panah kecil pada filter peran untuk menambah pengisi kuesioner untuk menambah pengawas dan komite sekolah. Kemudian pilih, misalnya Komite Sekolah, lalu klik Menu TAMBAH (warna hijau).

1

1

Masukkan nama, pilih peran, username n password (harus beda dgn punya operator), NIK (wajib) tanggal lahir (wajib) dan nama ibu kandung (wajib). Lalu klik Save.

Untuk mengisi kuesioner pengawas dan Komite kita harus keluar dulu dari aplikasi, klik Menu keluar, lalu Masuk dengan username dan password KOMITE sekolah yang telah kita buat seperti langkah di atas. Jika sudah masuk akan muncul seperti gambar di bawah, dan siap mengisi kuesioner dan bisa langsung kirim, jika online. 

“Saat login pertama kali, kita login sebagai operator sekolah, maka kuesioner yang sedang diisi adalah Kuesioner Sekolah.”

Berikut ada Menu : Tukar Pengguna yang berfungsi untuk berpindah pengisian kuesioner baik guru, operator, maupun siswa.

Nah untuk berpindah maka kita klik tukar pengguna, misalnya ingin mengisi kuesioner PTK pilih PTK atas nama Rishaniah seperti gambar di bawah, maka kita klik panah kecil lalu pilih PTK yang ingin diisi kuesionernya.

1

Lalu Tampilan akan berubah seperti di bawah ini, kemudian lanjut mengisi kuesioner, jika selesai bisa verfikasi dan kirim hasil pengisian kuesioner.

1

Menu Verifikasi & Kirim data ; berfungsi sebagai kendali bagi operator untuk mengetahui progress pengisian kuesioner aplikasi PMP.

Berikut Cara mengisi kuesioner PMP

Cara mengisi kuesioner di aplikasi PMP cukup mudah, tinggal klik beberapa pertanyaan sesuai formulir kuesioner yang dibagikan, lalu simpan, kemudian Klik pertanyaan selanjutnya.

Tahapan mengerjakan kuesioner

Selesaikan dulu kuesioner sekolah yang telah kita berikan kepada kepala sekolah. Begitu kita login, itulah kuesioner sekolah. Langsung selesaikan, langsung kirim.

Kemudian Isi kuesioner guru, caranya klik menu Tukar Pengguna, Pilih PTK yang mau di input kuesionernya. Caranya sudah saya jelaskan di atas. Bisa langsung dikirim.  Untuk siswa caranya sama.

Langkah selanjutnya Klik menu Manajemen Pengguna, silakan disimak caranya seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Inti dari pada aplikasi SIM PMP ini adalah Petugas Pemetaan Mutu yang kita kenal dengan Operator Dapodik / Operator Sekolah. Jadi Catatan Tolong di hargai juga suar Lelah dari Operator Sekolah anda,, wkwkwkwkw  Salam Satu Data.

Catatan :

Untuk guru, kepsek dan siswa login sama dgn operator hanya menggunakan menu TUKAR PENGGUNA untuk berpindah pengisian. Untuk mengisi kuesioner cukup di Klik saja yang di sesuaikan dengan formulir yang telah kita bagikan kepada guru dan siswa. Sedangkan untuk pengawas dan komite sekolah wajib dibuatkan akun login tersendiri di menu Manajemen pengguna.

Ok Sahabat Bloger >>> Sampai Ketemu Lagi

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s